Sabtu, 16 Juli 2011

Dubes Jepang Janjikan kerjasama dengan Aceh

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yoshinori Katori menjanjikan akan mengirim satu tim untuk mempelajari rencana kerjasama dalam berbagai bidang di Aceh.

Sementara Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf menawarkan Kawasan Sabang sebagai lokasi investasi terutama bidang perikanan.

Pertemuan Irwandi dan Yoshinri tersebut berlangsung di ruang kerja Gubernur Aceh Kamis (14/7) siang.

"Karena saya masih baru, saya akan mengirimkan tim terlebih dahulu, " ungkap Yoshinori.

Selain bidang perikanan, Jepang yang baru saja menghadapi bencana tsunami juga akan bekerjasama dengan Aceh untuk mengurangi dampak bencana bila tsunami terjadi kembali.

Kerjasama lain yakni di bidang pendidikan, Dubes Jepang menyebut sangat banyak masyarakat Aceh yang menimba ilmu di Jepang dan Ia berharap kerjasama tersebut terus di tingkatkan, sebut Yoshonori.

Kerjasama Aceh dan Jepang menurut gubernur sangat baik terutama bidang perikanan, lantaran masyarakat jepang adalah gemar dengan ikan segar, dan Aceh memiliki potensi perikanan laut yang besar dan belum di manfaatkan secara maksimal.

Gubernur juga berharap Pemerintah Jepang membantu pembangunan di Aceh, terutama infrastruktur jalan di wilayah tengah tenggara. Menurut Irwandi tahun ini telah di alokasikan sebanyak Rp160 Milyar dan di butuhkan anggaran sebanyak 1,8 trilyun untuk menuntaskan seluruh infrastruktur di wilayah tersebut.

Tidak ada komentar: