Rabu, 26 Desember 2007

Tujuh Desa Aceh Jaya Terisolir

*Karena jembatan belum siap di bangun

Tujuh desa di Kabupaten Aceh Jaya terisolir karena jembatan penyeberangan yang hancur karena tsunami belum tuntas di bangun.ketujuh Desa tersebut adalah, Desa Padang, Desa Gunong Meunasah, Desa Sapek, Desa Peulekong, Desa Kampong Baro, Desa Gleteubok dan Desa Payalaot. Semuanya di Kecamatan Setia Bakti.
Lokasi jembatan yang putus tersebut berada di perbatasan antar Desa Padang dan Desa Legeun Di Kecamatan Setia Bakti.
Sejak Paska tsunami ribuan warga di tujuh desa tersebut mengunakan rakit untuk menyeberang, Syarifuddin menyebut warga tujuh desa sangat berharap pemerintah menuntaskan pembangunan jembatan yang mulai kerjakan setahun lalu itu."Kalo tidak siap kami terpaksa pakai rakit terus," kata Syarifuddin warga Desa Padang Rabu (26/12) petang.
Menurut Syarifuddin setiap kali menyeberang warga didesanya harus mengelurkan uang sebagai jasa menyebarang, sekali jalan untuk kenderaan roda dua Rp5.000 sementara warga yang mengunakan mobil harus membayar Rp20.000.-.
Namun pengelola rakit kata Syarifuddin juga memberikan dispensasi kepada warga yang miskin, "Kan kita tahu ada yang miskin juga, orang rakit tidak meminta bayaran," kata Syarifuddin.
Ketujuh desa yang kini terisolir sangat bergantung pada rakit yang sering bocor tersebut. Syarifuddin menyebut bila hujan lebat disertai naiknya permukaan sungai maka warga tujuh desa mulai gelisah pasalnya rakit tidak bisa di jalankan.
Bila sudah begini maka pasokan makanan tidak dapat di bawa kedesa-desa tersebut. "tapi untunglah selama ini belum pernah terjadi, kita harapkan jangan terjadilah," ungkap Syarifuddin setengah takut karena mambayangkan kelaparan massal yang mengancam warga.
karena itulah syarifuddin berharap Jembatan yang mau di bangun tersebut secepatnya dilanjutkan. Bila tidak, kemungkinan bahaya kelaparan tersebut dapat saja terjadi.

2 komentar:

edi mengatakan...

ya ya, memang banyak sekali pesisir pantai barat yang masih tertinggal, mudah2an pantai barat dapat sentuhan dari pemerintah han provinsi.

wasalam
www.comoditypala.blogspot.com
www.ronaldoedi.co.cc

ilham maulana mengatakan...

mudah2an aceh cepat maju...