Jumat, 09 Mei 2008

Sekolah Pelaut dibangun di Aceh


Wakil Gubernur Pemerintah Aceh, Muhammad Nazar, S.Ag menyebutkan satu sekolah untuk pelaut akan dibangun di Aceh, "Tahun ini sekolah itu mulai dibangunan, tahun depan siswa pertama sudah bisa didik," Kata Nazar Jumat (9/5).
Lembaga pendidikan ini tunduk dibawah Badan Diklat Perhubungan Laut RI, Sekolah tersebut bernama Badan Diklat Pelaut atau sekolah pelaut. Di Indonesia hanya ada dua lembaga pendidikan dengan standar Internasional seperti ini, satu di bangun di Aceh, satu lagi dibangun di Sorong, Papua.
Sekolah ini juga di fungsikan untuk melatih nelayan tradisional Aceh tentang keselamatan di Laut. "Biayanya pendidikan, gedung dan sarana penunjangnya akan di biayai oleh Pemerintah Pusat, lewat di Dirjen Perhubungan Laut, Pemerintah Aceh hanya mempersiapkan lahan yang kini sudah di bebaskan," kata Nazar.
Sekolah itu akan dibangun diatas lahan 25 hekter di Kawasan Ujong Batee, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Pemerintah pusat lewat sudah menyiapkan Rp200 Milyar dana untuk membangun sekolah tersebut.
Sementara Kepala Badan Diklat Perhubungan Laut RI, Djoko Pramono yang mendampingi Nazar menyebutkan lulusan sekolah pelaut ini bisa bekerja pada kapal kargo, Kapal Pesiar dan kapal - kapal ukuran besar lainnya.
Djoko menyebutkan pekerja di kapal-kapal besar yang melayari lautan internasional harus memiliki sertifikat dari lembaga -lembaga yang diberi penilaian lembaga kelautan Internasional. "Jadi mereka yang bekerja dikapal-kapal besar itu memiliki sertifikat ahli dibidang kelutan," ungkap Djoko.
Menurut Djoko lulusan sekolah ini dinilai memuaskan oleh lembaga Keluatan Internasional, "jadi kita harus jaga itu, lulusan sekolah ini nanti juga akan menghasilkan pelaut yang handal,"kata Djoko.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
http://www.infogue.com/
http://sumatera.infogue.com/sekolah_pelaut_dibangun_di_aceh