Rabu, 05 Desember 2007

KIP Aceh Selatan Butuh Dana Rp4 M Lebih

Kamis, 06 Desember 2007 03:00 WIB
Pilkada Putaran II Aceh Selatan PDF Cetak E-mail

Tapaktuan, WASPADA Online

Dalam rangka pelaksanaan Pilkada bupati/wakil bupati Aceh Selatan periode 2008-2013, putaran kedua yang dijadwalkan akhir Januari tahun depan, Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat memerlukan dana senilai Rp4 miliar lebih.

Dana itu sampai kini belum tersedia karena belum dianggarkan sebelumnya, kata Ketua KIP Aceh Selatan, H. Pindah menjawab pertanyaan Waspada seusai melapor kepada Bupati HT Machsalmina Ali tentang hasil Pilkada putaran pertama sekaligus mengajukan kebutuhan dana putaran kedua, di pendopo bupati di Tapaktuan, Rabu (5/12).

Jumlah itu menurut Pindah didampingi sekretarisnya Syaiful Azahar, SE merupakan angka minimal yang harus dialokasikan melalui APBK Aceh Selatan. Sedangkan dana yang dihabiskan dalam putaran pertama kemarin mencapai dua kali lipat dari jumlah tersebut.

Dalam Pilkada putaran kedua ini dana yang dibutuhkan untuk pembuatan logistik kecuali kotak suara dan bilik suara karena telah tersedia, sedangkan logistik lainnya seperti surat suara, panggilan atau undangan, dana keamanan serta honor KPPS dan anggotanya termasuk petugas Linmas, anggarannya sama dengan Pilkada putaran pertama.

Belum tersedianya dana putara kedua karena belum dapat diperhitungkan terjadinya dua putaran. Oleh sebab itu kebutuhan dana ini kemungkinan akan dialokasikan pada anggaran 2008 yang dalam waktu dekat segera dibahas pihak dewan setempat. "Pak bupati telah berjanji akan mengalokasikannya dalam anggaran 2008,"sebutnya.

Kebutuhan dana ini kata Pindah merupakan kunci pelaksanaan Pilkada putaran kedua. Jika dana tidak tersedia misalnya, skidol Pilkada putaran kedua bisa molor dan deadlock, meski dalam ketentuannya waktu maksimal putaran kedua dilaksanakan dalam tempo 60 hari atau dua bulan.

Dalam putaran kedua nanti, berdasarkan hasil rekapikulasi perhitungan suara yang diplenokan KIP Aceh Selatan di aula KIP Jalan Sudirman/Jalan Syech Abdurrauf, Sabtu pekan lalu menunjukkan, dari 13 pasangan calon bupati/wakil bupati yang ikut dalam Pilkada kemarin, maka pasangan Husen Yusuf/Daska Azis menempati urutan teratas dengan meraih sebanyak 18.963 suara atau 19,21 persen dan posisi kedua ditempati pasangan Azwir/A.Karim dengan perolehan sebanyak 14.746 atau 14,93 persen suara sah.

Jadi sesuai ketentuan yang berlaku, maka dua pasangan yang memperoleh suara terbanyak, berhak maju dan bertarung ke babak berikutnya yaitu pasangan Husen/Daska dan pasangan Azwir/A. Karim.

Sementara urutan ketiga diraih pasangan T. Lizam Mahmud/Murni Yunan dengan memperoleh 11.965 atau 12,12 persen, posisi keempat pasangan Zulkarnaini/Havas Adnan dengan memperoleh 9.843 atau 9.97 persen serta urutan kelima ditempati pasangan Darmansyah/Marhaban Saidi dengan perolehan suara sebanyak 8.812 atau 8.96 persen.

Paling aman
Sebelumnya ketika menerima Ketua KIP, H. Pindah didampingi sekretarisnya Syaiful Azahar, Bupati HT Machsalmina Ali menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Aceh Selatan yang telah berpartisipasi menyukseskan Pilkada putaran pertama 25 November lalu secara tertib, aman dan lancar.

"Ternyata Pilkada Aceh Selatan putaran pertama kemarin, merupakan Pilkada paling aman dalam sejarah penyelenggaraan Pilkada seNanggroe Aceh Darusslam," sebut Pindah mengutip ucapan Bupati Machsalmina seraya mengharapkan agar hal serupa bisa diterapkan dalam Pilkada putaran kedua nanti.

Indikasi menurut bupati, kata Pindah terlihat sejak pelaksanaan masa kampanye hingga hari pencoblosan dan pleno perhitungan suara. Tak ada insiden apapun yang terjadi berupa bentrokan massa misalnya atau aksi sabotase lainnya. Meski diakui ada sedikit pelanggaran kecil pelaksanaan kampanye terselubung atau kampanye tanpa izin.

"Namun secara umum pelaksanaan Pilkada putaran pertama di Kabupaten Aceh Selatan berlangsung sukses, aman dan lancar," sebut Pindah seraya menambahkan hal serupa juga diakui sejumlah LSM pamantau Pilkada dari luar daerah di negeri penghasil komoditi pala tersebut. (b19)

Tidak ada komentar: