Senin, 10 Desember 2007

Kelompok Bertikai Di Minta Jaga Perdamaian di Nagan Raya

Berkaitan dengan panasnya konflik di Nagan Raya antara beberapa pihak, Interpeace Aceh Program (IAP) yang merupakan lembaga perdamaian internasional sangat menyesalkan pada tindakan dari pihak yang bertikai pada upaya yang mengarahkan pada aspek pelanggaran hukum (kriminalitas). IAP Menghimbau kepada kelompok-kelompok yang bertikai untuk menahan diri dan membawa penyelesaian ini secara demokratis, bermartabat dan rasa kekeluargaan.
Konflik harus diselesaikan secara bijaksana
Masyarakat juga dihimbau tidak terprovokasi dengan konflik yang mudah mempengaruhi masyarakat. Sangat disayangkan, karena akan menyebabkan kerugian besar bagi masyarakat di Nagan Raya secara menyeluruh. Menurut pemantauan IAP di lapangan, jika konflik dibiarkan akan menyebabkan kondisi yang lebih parah dengan munculnya konflik baru di masyarakat. Tentunya kedepan akan sulit membangun Nagan Raya dari konflik horizontal yang terjadi. IAP mendukung kepada pihak yang bertikai untuk menghentikan konflik dan duduk bersama dalam menyelesaikan secara bijaksana, arif dan kepala dingin. Disisi lain, dukungan masyarakat sangat dibutuhkan untuk menjaga perdamaian yang abadi di Nagan Raya.
IAP mendukung pernyataan KBS
IAP juga mendukung pernyataan Juru Bicara KPA Pusat, KBS dalam pemberitaan di beberapa media massa yang mengharapkan konflik di Nagan Raya dapat diselesaikan secara adat dan bijaksana. Peran Polisi juga menjadi apresiasi bagi Interpeace Aceh program untuk menegakkan hukum dan keamanan di Nagan Raya.
Interpeace Aceh Program mendesak semua pihak untuk dapat menahan diri dan menjaga perdamaian secara kolektif dan iklash. Jangan sampai konflik yang terjadi dapat merusak harapan masyarakat Aceh secara menyeluruh.
Banda Aceh, 10 Desember 2007
Koordinator Program/Koordinator Distik Barat Selatan Aceh
Interpeace Aceh Program (IAP)

Fachrul Razi
Email: frazi_polui@yahoo.com
Office : Jalan Sultan Mansyursyah No. 75
Peuniti - Banda Aceh
HP. 085277596822

Tidak ada komentar: